Reliabilitas Alat Ukur dalam Asesmen Bahasa
Reliabilitas
Alat Ukur dalam Asesmen Bahasa
Resume
Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah
Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia
Semester 6
Dosen Pembimbing
M. Bayu Firmansyah, M.Pd
Disusun Oleh :
Aprillia Caesar A.L (17188201050)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Pedagogi dan Psikologi
UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA
2020-2021
Disusun Oleh :
Aprillia Caesar A.L (17188201050)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Pedagogi dan Psikologi
UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA
2020-2021
Reliabilitas
adalah kriteria ukuran apakah suatu alat ukur dapat mengukur secara konsisten
sesuatu yang akan diukur dari waktu ke waktu. Reliabilitas merujuk pada derajat
keajekan alat tersebut dalam mengukur apa saja yang diukurnya. Reliabilitas
dipengaruhi oleh kesalahan acak, yaitu faktor-faktor yang akan menyebabkan
perbedaan skor dalam penggunaan alat pengukur secara berulang-ulang. Suatu alat
ukur seperti tes dikatakan memiliki reliabilitas atau keterandalan bilamana tes
tersebut dipakai mengukur berulang-ulang hasilnya sama. Artinya setelah tes
pertama dengan tes berikutnya dikorelasikan terdapat hasil korelasi yang
signifikan.
Pengertian
reliabilitas yang digunakan dalam alat ukur termasuk tes berkenaan dengan empat
hal pokok. Pertama, reliabilitas menunjuk pada keajekan hasil pengukuran yang
diperoleh, bukan keajekan yang ada pada instrumen itu sendiri. Kedua,
interpretasi reliabilitas tes selalu menunjuk pada keajekan tes terhadap hal
yang khusus, tidak ada reliabilitas yang bersifat umum. Ketiga, reliabilitas tes
diperlukan tetapi bukan jaminan adanya validitas. Reliabilitas hanya memberikan
jaminan adanya konsistensi saja. Keempat, analisis reliabilitas berdasarkan
reliabilitas skor tes, oleh karena itu analisisnya semata-mata merupakan
analisis statistik.
Jenis-Jenis
Reliabilitas
Terdapat dua macam
reliabilitas yakni; 1) reliabilitas internal, 2) reliabilitas eksternal.
Reliabilitas internal merupakan uji reliabilitas yang dicari dari harga dalam
skor tes itu sendiri. Yakni dengan cara membandingkan bagian skor tes yang satu
dengan skor tes yang lain dalam tes yang sama. 2) reliabilitas eksternal
dilakukan dengan cara membandingkan suatu skor tes dengan skor tes lain/skor
tes hasil ulangan.
Ada beberapa cara
yang digunakan untuk menguji reliabilitas tes, baik dari internal maupun
eksternal. Kalau dari reliabilitas
eksternal bisa melalui;
a. Metode
ulang, metode ini untuk menguji reliabilitas
alat ukur dengan jalan mengujikan alat ukur tersebut dua kali atau lebih,
kemudian hasilnya dikorelasikan. Tujuan uji ini untuk mengetahui koefisien
stabilitas alat ukur. Artinya pengetahuan siswa tidak akan berubah dalam waktu
tertentu, bilamana dilakukan dua kali alat ukur atau lebih dengan alat ukur
yang sama hasilnya relatif sama.
b. Metode
Pengukuran Pararel, metode ini dilakukan dengan jalan
menyusun dua buah alat ukur yang memiliki kemiripan/kesamaan/ekuivalen, setelah
kedua tersebut diujikan, kemudian hasilnya dikorelasikan. Cara ini digunakan
untuk mengetahui koefisien stabilitas alat ukur dengan asumsi bahwa sistem yang
diukur dengan alat ukur tersebut tidak akan berubah dengan hanya digunakan dua
bentuk alat ukur.
Kalau reliabilitas internal bisa menggunakan dua metode juga seperti;
1. Metode
belah dua, metode ini dilakukan dengan jalan
membelah alat ukur misalnya tes menjadi dua bagian dan skor kedua belahan
tersebut dikorelasikan dengan rumus tertentu. Caranya yakni dengan membelah
hasil tes tersebut antara skor ganjil dan skor genap atau bisa juga dengan membelah
antara belahan nomor atas dan nomor
bawah. Metode ini juga memiliki beberapa rumus diantaranya; a) rumus
Spearman-Brown, b) rumus flanagan, c) rumus rulon.
2. Uji
Homogenitas ini untuk mengatasi tes yang tidak bisa
diuji dengan metode belah dua, maka digunakanlah teknik-teknik mengukur
homogenitas dengan pendekatan pengukuran inten-item dengan memperhitungkan
penyimpangan masing-masing butir item dengan menggunakan rumus-rumus: 1) K-R
20, 2) K-R 21, 3) Rumus Hoyt, dan 4) Rumus Alpha.
Wahyuni Sri dan Abd. Syukur. 2014. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT
Refika Aditama.
Komentar
Posting Komentar